0 Comments

8 Macam Arsitek Di Indonesia Yang Wajib Anda Ketahui !!!

Apabila anda hendak membangun sebuah rumah, kantor, ruko, taman, tempat wisata waterboom, pendestrian dan semua hal yang berhubungan sama desain maka Anda Wajib mengetahui 8 Macam Arsitek Di Indonesia ini.

Mengapa kita harus mengetahui jenis arsitek ini ? 

Supaya anda tidak salah untuk memilih arsitek sesuai dengan jenis bangunan yang akan anda bangun atau desain nantinya dan di lain lagi sesuai bidang profesional masing masing.

1. Arsitek rumah tinggal dan Perumahan

Salah satu keahliannya yaitu desain gaya rumah yang memiliki nilai estetika keindahan ke pemiliki ataupun siapa saja yang melihat, dan mengundang banyak orang yang nantinya memiliki market penjualan yang mudah. Type bangunan yang akan dibangun haruslah sesuai standarisasi untuk menuju target pasar yang diinginkan, dan mengikuti peraturan pemerintah.

Tetapi banyak lingkungan rumahan juga harus mengutamakan estetika arsitektur untuk memperoleh market pasar yang berbeda beda pula. Peran arsitek rumah  harus dapat memberikan gambaran ide inspirasi sesuai keahlian dan pengalamannya.

Tanggung jawab Arsitek akan berkomunikasi langsung dengan owner si pemilik rumah dan meberikan bayangan desain sesuai kebutuhan si owner. Selain itu arsitek harus mampu memberikan kesimpulan konsep desainnya dari gambar denah, gambar 3d ilustrasi, Gambar Animasi dan gambar kerja untuk keperluan kerja sipil di lapangan. Arsitek juga bertugas untuk menghitung biaya kebutuhan material dan ongkos tenaga, pengawasan saat pembangunan juga schedule yang dibutuhkan untuk project yang akan di kerjakan.

2. Arsitek bangunan komersil ruko, kantor, gedung, Mall dll

Bangunan komersil yang baik adalah bangunan yang memiliki nilai estetis dan bisa menampung sesuai kebutuhan dan fungsinya. Arsitek bangunan harus mampu mendatangkan market yang nantinya bertujuan setiap ruangan bisa menghasilakan pendapatan yang maskimal .

Contoh Kasus Desain mall, ruko dan pasar atau pusat perbelanjaan hendaknya bisa memancing market dan memberikan sesuatu yang menarik sehingga dapat menarik daya tarik pengunjung untuk memenuhi kebutuhan mereka .

Arsitek bangunan wajib memiliki pengalaman bidang konstruksi, kelistrikan atau mekanikal elektrikal dan juga lighting untuk dapat menimbulkan nilai artistik saat malam hari sehingga tetap memberikan nilai daya tarik tersendiri. Selian itu keahlian dalam menghitung biaya dan juga tentang kesalamatan juga harus dimiliki oleh seorang arsitek bangunan

 

3. Arsitek desain interior keahlian dalam tata ruang

Arsitek Desain interior salah satu Arsitek yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam tata ruang, memberikan desain yang artistik dan mampu mengaplikasian banyak tema yang bervariative dan tematik.

Adapun banyak type desain interior seperti desain ruang tamu, ruang makan, kitchen seat, desain tangga, kamar tidur dan desain penempatan lighting pencahayaan ruang.

Selain hal diatas arsitek desain interior harus selalu update perkembangan material furniture semua yang ada mulai dari bahan, jenis kain, dan ornamen untuk memperindah desain interior

 

4. Aristek Bangunan Hijau ( Green Design Architect )

Indonesia memiliki iklim yng tropis dan kadang berubah ubah, perubahan iklim inilah yang mendorong para arsitek bangunan hijau untuk mampu mengelola kebutuhan energi untuk lingkungan yang lebih baik dan ramah lingkungan. Disamping itu Arsitek bangunan hijau wajib untuk update mengetahui ilmu untuk kebutuhan energi alternatif di masa mendatang untuk dunia sehingga tercipta lingkukangan yang sehat go green dan ramah lingkungan.

Secara terus menerus berusaha untuk menemukan metode baru yang inovatif dan efektif untuk meminimalisir dampak negatif bangunan terhadap lingkungan dan mengoptimalkan peran bangunan bagi lingkungan. Keahlian khusus yang perlu dimiliki arsitek bangunan hijau adalah pengetahuan aerodinamis, pergerakan matahari dan bayangannya, kemampuan mendaur ulang, serta berbagai bahan yang ramah lingkungan dan hemat energi.

 

5. Arsitek Landscap ( Landscape ) Ahli tata ruang Area Hijau luar 

Arsitek landscape salah satu yang memiliki Ahli tata ruang luar atau eksterior, pendestrian kota, taman, dan taman rumah. Tujuan keahlian ini adalah untuk membuat area hijau, sehat dan menjadikan lingkungan sehat, harmonis.

Arsitek landscap mampu menata ruang luar dan berpengetahuan tentang macam macam tanaman beserta fungsi dan sifatnya, Bahkan untuk kelangsungan hidup tumbuhan sesuai iklim yang ada seorang Arsitek landsap harus tahu.

Tugas lain dari arsitek landscap adalah menentukan perletakan gedung, tanaman, jalur pejalan kaki, semak tanaman, pohon untuk pendestrian, resapan air dan sistim drainase.

6. Arsitek Urban Mencakup Desain Skala Besar Untuk Lingkungan

Arsitek Urban adalah salah satu arsitek yang memiliki kemampuan desain skala besar untuk lingkungan. Mengapa demikian ? Karena tugasnya adalah mengelompokan beberpa bangunan, tanaman, pendestrian, ruang jalan umum dan merancang semua titik temu antara bangunan satu kebangunan yang lain agar lebih tertur, rapi dan memiliki fungsi yang maksimal. Sehingga menjadikan lingkungan yang sehat dan nyaman.

Selain itu arsitek Urban hendaknya memiliki banyak wawasan luas baik ilmu ekonomi, politik dan sosial budaya. dan komunikasi dengan baik guna untuk project client mereka.

 

7. Arsitek Kawasan Industri

Untuk melesatarikan kawasan industri dan mengikuti sesuai ketentuan standar yang berlaku maka dibutuhkan Arsitek Kawasan Industri sehingga setiap kawasan industri memiliki fungsi. Untuk mendukung fungsi kawasan industri, arsitek hendaknya mengerti tahapan proses industri yang akan berlangsung di setiap bangunan yang sudah dirancangnya.

Di mulai dari proses mendapatkan bahan baku, mempersiapan produksi, samapi proses, cara pengemasan dan bagaimana proses pengiriman barang.  Di tahap inilah pengalaman dan pengetahuan tentang berbagai proses industri diperlukan. Bidang Bangunan yang dirancang harus berfungsi dengan baik, didesain efektif dengan alur kerja yang benar,efektif dan efisien agar setiap proses produksi bisa berjalan lancar.

 

8. Arsitek Kolam Renang 

Kolam renang di perkotaan, hotel dan pendukung sarana olah raga renang sangat dibutukan arsitek kolam renang guna untuk memberikan standarisasi konstruksi kolam renang dan standarisasi air kolam renang sehat dan siap pakai.  Disamping bangunan kolam renang dibutuhkan seorang Ahli engineering pemipaan dan instalasi pipa mesin.

Arsitek kolam renang harus mengerti keindahan dan estetika sehingga untuk kebutuhan kolam renang hotel, sarana olah raga dan sarana bermain kolam renang umum waterboom dan waterpark juga berkemampuan untuk penataan ruang parkir dan bangunan sekitar lainnya.

Arsitek kolam renang harus mampu mengetahui anti bocor yang dipakai untuk kolam renang, jenis keramik kolam renang dan juga spesifikasi mesin yang digunakan. Namun sayang arsitek kolam belum menjadi legal jadi masih jadi satu di arsitek bangunan.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *